Hujan di Wilayah Hulu Picu Genangan di 20 RT


Jakarta- meraknusantara.com,- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah hulu dan sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Selasa (25/10), menyebabkan kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Depok Siaga 3 (Waspada) dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 (Waspada).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, pada Rabu (26/10) pukul 06.00 WIB terdapat 20 RT di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang tergenang.

"Jumlah ini setara 0,066 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," ujarnya.

Isnawa menjelaskan, genangan di Jakarta Selatan terdapat di satu RT di Kelurahan Rawa Jati dengan ketinggian air berkisar 45 sentimeter.

Kemudian, di Jakarta Timur terdapat 19 RT yang tergenang meliputi satu RT di Kelurahan Cililitan, tujuh RT di Kelurahan Cawang, enam RT di Kelurahan Kampung Melayu dan lima RT di Kelurahan Bidara Cina.

"Ketinggian air berkisar 40 sentimeter sampai 120 sentimeter," terangnya.

Menurutnya, hingga waktu yang sama, terdapat satu RT di Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur yang genangannya sudah surut.

"Berdasarkan laporan dari personel kami di lapangan, sejauh ini tidak ada warga yang mengungsi," bebernya.

Ia menambahkan, BPBD DKI Jakarta telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Kita berkoordinasi untuk dilakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. Genangan ditargetkan surut dalam waktu cepat," tandasnya. (red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama