BETAWI UNIK PENGGIAT KULINER BETAWI SEBAGAI PRODUK BUDAYA BETAWI


Jakarta,07/01/2023. - meraknusantara.com,- Berkecimpung dikalangan Betawi, termasuk ormas Betawi, sudah saya lakoni lebih dari 20 tahun. Tapi, saya  belum nemuin orang kayak Ibrahim SH, MH, anak Betawi Paseban. Lantaran, saya liat, begitu semangat mengenalkan Kuliner Betawi sebagai produk budaya Betawi.


Empat bulan lalu saya diajak ngobrol untuk ejawantah Budaya Betawi dengan lakukan pembuktian usaha. Disodorkan pada saya agar cari Kuliner Betawi langka dan didagangkan ditempatnya di JTS Kemayoran. Kontan saya jawab, kalau saya menguasai Bubur Ase dan Ketan Kinca Duren. Sudah puluhan tahun makanan ini sirna dari tana Betawi. Ibrahim (bang Bram) setuju. Mulailah dibuat perencanaannya.

Menata kios dilakukan oleh Bang Bram, saya cari resep pembuatan Ketan Kinca Duren dan Bubur Ase. Kedua kuliner ini adalah makanan Orang Betawi Tengah. Kerna, faktanya banyak yang gak tahu kerna belum kenal, apalagi merasakannya. Selama 2 bulan jadilah kios Kuliner Khas Betawi di JTS Kemayoran. Tester dilakukan oleh Bang Bram, Alhamdulillah nyaris sempurna olahan saya. Jadilah, bulan ketiga tes dagang. Masih belum ada respon. Tapi niat sedekah dikedepankan. Makanan yang tersisa kerna gak laku, dibagikan kepada beberapa kalangan, itu berlangsung selama sebulan penuh. Ada juga yang datang menyicipi, tapi sedikit orang aja. Hampir gak ada Orang, Tokoh dan Ormas Betawi yang datang ke Kedai Kuliner Khas Betawi di JTS Kemayoran.

Hampir dipastikan, jika pake kalkulasi umum, pasti rugi dan harus tutup setelah sebulan dagang. Tapi bang Bram yang dapat dukungan KH.Lutfi Hakim, MA, Imam Besar FBR, berpesan agar jangan nyerah. Kenapa ? Yang didagangkan bukan sekedar barang dagangan biasa, tapi Budaya Betawi. Katanya lagi, biar orang Betawi gak peduli, kita tetap lakoni aja, soal modal usaha minta aja ama Allah Ta'ala. Luar biasa. Baru saya temui teman Betawi yang kayak gini sepanjang 20 tahun berkecimpung dikalangan Betawi.

Akhirnya, kembali pada konsep Kepedulian pada Pelestarian Budaya Betawi melalui Kuliner Khas Betawi, harus ikhlas dan sabar. Sedekahkan jika gak laku terjual, nanti Allah aja yang gantiin, kata Bang Bram. Masuk bulan ke 4, diawal 2023, pidi ulang dan mulai lagi usaha. Tetap bertahan dengan Ketan Kinca Duren dan Bubur Ase. Kita akan dikenang anak cucu kita kerna pernah perduli secara nyata melestarikan budaya Betawi, kata Bram menyemangati saya. Gak usah risau, kecewa dan kesal pada ketidak pedulian orang Betawi, jalan aja terus, begitu prinsip Kedai Kuliner Khas Betawi di JTS Kemayoran saat diwawancara Media 

Semoga Allah Swt Ridha dan memberkahi langkah kami melestarikan budaya Betawi, bukan omdo aja, dan terus tularkan pada orang Betawi yang peduli. Jangan sampai punah kuliner khas Betawi diperjalanan sejarah budaya Betawi. Kalau ikhlas dan sabar seraya minta Allah Swt memberi Petunjuk-NYA, Insya Allah akan muncul lagi kuliner langka Betawi.

Yang menarik dan berbeda dengan Orang/ Tokoh Betawi adalah sikap bang Bram. Kita bukan cari untung, kalo soal rezeki, biar Allah punya urusan. Istilahnya, jangan kate seri, kalah aje, kite tetep lakoni. Beda dengan sarkasme orang Betawi yang bilang "jangan Kate Kalah, Seri aja gue ogah". Jadi, wajar saya sebut Bang Bram adalah orang Betawi unik yang gak ber-Betawi nyari keuntungan pribadi. Semoga Allah Swt melindunginya dengan menjaga kesehatannya dan limpahkan Rahmat dan Barokah-NYA. Aamiin.

(Red) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama