Metode Inovatif KRI Lantas Polres Palopo Raih Simpati Wajib Pajak Jadi Taat Membayar.


Palopo, MoN_Meraknusanatara.com,- Sebuah metode inivatif dilakukan oleh Kanit Regident Polisi Lalu Lintas Polres Palopo oleh IPTU Kamaluddin, Sh.,Mh yang akrab disapa pak KRI, mendapat respon positif para wajib pajak warga Kota Palopo. 

Hal inovatif yang dilakukannya itu adalah melaksanakan pola sweeping yang tidak umum di lakukan pihak Kepolisian satuan Polantas selama ini. Seperti diketahui publik, pada umumnya sweiping itu dilakukan dengan menghentikan pengendara kendaraan untuk dilakukan pemeriksaan oleh Polisi Lintas di jalan raya yang pada intinya dilakukan Tilang bagi yang melanggar.


Bedanya kali ini sebagaimana halnya yang rutin di lakukan KRI Satlas Polres Palopo oleh Iptu Kamal , 

sejak menjabat sebagai Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi pada Kantor Samsat Palopo, dengan Metode Inovatifnya, didampingi oleh anggotanya melakukan penertiban dengan istilah sweeping terbalik.

Bahkan oleh berapa orang warga Palopo menyebutkan kepada wartawan merak nusantara, bahwa metode yang dilakukan KRI tersebut sebenarnya kami sebut sweeping terbalik. 

Pasalnya sangat unik dan ini baru terjadi di Palopo sekitar kurang lebih setahun terkahir. Kami namakan seperti itu, karena sebelumnya oleh Polantas lain, umumnya dilaksanakan di Jalan Raya. Sementara oleh IPTU Pol Kamal & bersama anggotanya "RR", melakukan sweeping dengan mencari pengendara sesuai alamat yang tertera pada STNK dan Pajaknya sudah terbayar lunas.

Awalnya kami bingun dan kaget serta heran sebab saya merasa tidak bersalah bahkan surat surat  Kelengkapan Kendaraan seperti SIM, STNK semuanya hidup dan pajaknya sudah saya bayar. Nah, ketika saya dan beberapa teman lainnya tiba-tiba didatangi dan dicek Pajak Kendaraan kami. 

Hal sama juga dialami oleh beberapa tempat umum, seperti di pasar, pangkalan Ojek, warkop yang lagi santai, tiba-tiba didatangi oleh Pak Kamal bersama anggotanya, lalu kemudian meminta memperlihatkan SIM dan STNK. 

Setelah memperlihatkannya dan diperiksa, dalam hati kami berkata sembari bertanya-tanya, ini ada Pak Polisi ada apa yah, kok melakukan pemeriksaan kepada kita yang lagi asyik begini?lagian pula, kan tidak sedang mengendarai kendaraan. Ungkap Salah seorang warga wajib pajak Kota Palopo berisial "Jm" Heran. 

Tapi ternyata kemudian, setelah memperlihatkan semua surat-surat kelengkapan kendaraan, bukannya mencari kesalahan atau pelanggaran, melainkan mencari orang pemilik kendaraan yang surat-suratnya LENGKAP. 

Tidak sampai di situ, hal luar biasa dan hebatnya, karena bagi pengendara yang  surat surat kendaraannya lengkap dan pajak kendaraan masih berlaku, langsung diberikan Rewadr berupa uang belanja, sembako dan souvenir .

Ini baru benar-banar sebuah metode innovasi, sebagai soso polisi yang kreatif berwawasan sangat beriliand bagi saya " cetus salah satu aktifis pemerhati hukum dan HAM di Kota Palopo.

Oleh Kapolres Palopo AKBP SAFI'I NAFSIKIN, SH.,S.I.K.,MH beserta Kasat Lantas AKP RUSDI YUNUS SH.,MH  mengapresiasinya. 

Kepada Wartawan Media ini IPTU POL KAMALUDDIN, SH.,MH pada Jum'at  28 April 2023 menegaskan kembali dengan mengatakan " Kami akan terus berinovasi untuk berinteraksi langsung kepada seluruh masyarakat palopo dalam wujud peningkatan pelayanan khususnya di bidang lalu lintas."

" Hal ini telah kami lakukan dan membuktikannya sejak setahun terakhir. Adapun maksud dan tujuannya, untuk merubah maindset pola berpikir masyarakat tentang kepolisian khususnya lalu lintas, " Ucap KAMAL optimis. 

(SS_01.Nasrum Naba)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama