Pemadam Kota Palopo Selamatkan Kompleks Perumahan Citra Garden dan Ruko Raja Karpet Terhindar Dari Amukan Api.


Palopo, MoN_Meraknusantara.com, - Satu lagi penyelamatan yang berhasil dilakukan Pihak Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kota Palopo terhadapa pemungkiman Warga Perumahan Citra Garden dan Ruko Raja Karpet di jalan Jenderal Sudirman Kota Palopo, Ahad 23 April 2023 sekitar jam 17.30 wita. 


Kronologis peristiwanya adalah sebuah Pohon Beringin Besar yang tumbuh di lahan pekuburan umum Jenderal Sudirman, tiba2 terlihat Terbakar dengan nyala api yang membara dan menjulur ke arah angkasa hingga beberapa meter. 


Warga yang berdomisili di sekitarnya sudah panik  melihat cahaya api yang sudah menyala-nyala. Melihat situasi yang demikian, masyarakat pun langsung menghubungi pihak DAMKAR Kota Palopo yang jaraknya dari tempat kejadian sekitar 2 km. Melintasi jalur padat Kota Merto Politan Kota Palopo ini, cukup 10 menit sudah tiba di Tempat Kejadian Peristiwa Kebakaran. 

Jaka Shadli, Se yang ditemui di TKP menyebutkan, bahwa setelah mendapat pemberitahuan terjadinya kebakaran yang mengancam pemukiman padat Perumahan Citra Garden yang hanya berjarak cuma beberapa meter saja, langsung mengerahkan 2 unit armada Mobil Tangki Pemadan dengan 8 orang anggota, tegasnya prihatin.

lanjut Robi welyan yang juga turut hadir dalam peristiwa ini menerangkan, bahwa saya ini tidak piket pak tapi karena demi panggilan kemanusiaan, tidak alasan untuk tidak terjun langsung ke TKP setelah mendapat informasi dari Kepala Bidan (Jaka Shadli- red), tegasnya turut prihatin. 

Sementara oleh salah seorang Tokoh Masyarakat Alumni UMI makassar oleh Ir. Rusydi, mengatakan kepada awak media ini, bahwa untungnya tidak kencang angin seperti biasanya. Dan juga mengatakan bahwa saya sangat salut dan mengapresiasi sikap respon pihak DAMKAR Kota Palopo begitu sigap dan tanggap. 

Bahkan menurut Rusydi menegaskan, bahwa kebakaran yang melalap pohon beringin besar yang berdiameter sekitar 4 meter itu, menurutnya disebabkan atas adanya gesekan dan pengaruhi oleh adanya gas metana dan adanya minyak posil kayu tua yang terbilang sudah berusia sekitar 50 tahun itu akibat adanya unsur pelapukan dari dalam tanah. 

Dan dalam proses pemadaman, Pihak Pemadam menambahkan satu Tengki Air bermuatan 8000 liter air. 

Proses pemadaman berlangsung sudah sekitar hampir 2 jam, api juga tetap mengeluarkan percikan kembang api dari dalam pohon bagian bagian bawah dan terus dilakukan penyiraman sampai satu ini menunjukkan pukul 21.25 wita. 

Dari jarak kurang lebih 10 Meter, ada 2 warung yang mengaku paling panik dan merasa kalau tempat jualannya diperkirakan dapat diharuskan dijagokan merah andai kata pihak Pemadam terlambat datang, ungkap Mariana Talia selalu pemilik warung nasi kuning begadang di Kota Palopo, merasa tertolong. 

(SS_01.Nasrum Naba)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama