Seorang Purnawirawan Polisi Mantan Kasat Intelkam Polres Luwu Tutup Usia, Wartawan Senior Turut Berduka Bersama Kapolres Palopo Beserta Jajarannya.


Palopo_Sulsel.MoN_Meraknusantara.com,- Mantan Kasat Intelkam Polres Luwu Purnawirawan Polisi dengan pangkat terakhir Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Alm. Abdul Rahman Ganing, menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke 62 tahun di Rumah Sakit St. Madyang Kota Palopo pada jam 11.08 Wita dalam keadaan sakit. (16/05/23)


Wartawan Senior di Bumi Sawerigading Luwu Raya ini merasakan kehilangan dan turut berduka bersama Kapolres Palopo AKBP SAFI'I NAFSIKIN, SH., S. I. K., MH beserta jajarannya dan menghadiri langsung acara pesemayamannya di rumah Purnawirawan POLRI Alm. AKBP Abdul Rahman Ganing, SH di Jalan Jenderal Sudirman Sampoddo Kecamatan Wara Selatan Kota Palopo. 

Almarhum meninggalkan 6 orang anak dan 5 orang cucu, salah seorang diantaranya berhasil mengikuti jejak Ayahnya sebagai anggota POLRI. 

Almarhum semasa hidupnya dan ketika masih aktif di Kepolisian, beliau sangat dikenal akrab dengan para Kulit Tinta di Tanah Luwu ini. 

Wartawan senior M. Nasrum Naba menuturkan kepada Awak Media ini bahwa Almarhum AKBP. Abdul Rahman Ganing adalah orangnya Sabar,  tapi tegas dan kritis bahkan dalam sebuah fakta sejarah di Polres Luwu di Palopo kala itu, beliau sempat membela Wartawan di hadapan Kasat Reskrim atas sebuah sorotan pemberitaan hingga memeriksa beberapa oknum anggota Reskrim untuk dibuatkan Laporan Lanjut, kata Nasrum Naba terkesan haru. 

Dan kemudian dalam acara pemakaman Purnawirawan Alm. AKBP Abdul Rahman Ganing, SH dilakukan acara prosesi pemakaman secara kedinasan Kepolisian sebagai wujud penghargaan atas jasa -jasa pengabdiannya sebagai Anggota Polri dengan sejumlah penghargaan dan bintang tanda jasa dari POLRI. Dan saat Jasad Almarhum akan disemayamkan di tempat peristirahatan terakhirnya, POLRI dari Jajaran Polres Palopo bersama Tim Pasukan Pelaksanaan Acara Pemakaman secara Dinas, memberikan Penghormatan dan Penghargaan terakhir kepada Jasad Almarhum dengan Tembakan Salvo ke udara oleh Tim Pasukan yang terdiri dari 6 orang personil Polres Palopo. 

Dalam acara pemakaman secara dinas Kepolisian RI, Tim Panitia pelaksana upacara Pemakanaman yang dipimpin oleh Inspektur Upacara AKP SAPARUDDIN. Juga dibacakan Ucapan Bela Sungkawa dari Kapolda Sulsel, Direktur SDM Polda Sulsel dan Kapolres Palopo. 

Selain itu berdasarkan hasil peliputan awak media Merak Nusantara dalam acara ini di rumah duka, turut hadir sejumlah perwira Polisi dari Jajaran Polres Palopo, Kompol KUSWANTO (Kabag SDM Polres Palopo) , AKP SYAMSUDDIN (Kabag Ren Polres),Palopo, AKP SUPRIADI (Kasi Humas Polres Palopo) , IPTU ALBERT LAMBA (KAPOLSEK WARA SELATAN) dan IPDA MALIK (KOMANDAN UPACARA). Juga Sejumlah Tokoh dn Pemuka Masyarakat, Mantan Sekertaris Pemerintahan Kota Palopo Drs. H. Marthen Jaya, Camat Wara Timur Kota Palopo RUSLAN, SH, KABAG HUKUM PEMKOT PALOPO SUBAIR, SH dan Lurah Sampoddo HARDIGIANTO, S. A. N serta sejumlah tokoh -tokoh lainnya. 

(SS.01_M.Nasrum Naba)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama