Header Ads

Kunjungan Kerja Ketua Presidium FPII Ke Lapas Kelas I Tangerang Tinjau Giatja WBP


Tangerang, Banten--meraknusantara.com,-  Kunjungan kerja Ketua Presidium Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Dra.Kasihhati didampingi Pengawas Presidium Dewan Pers Independen (DPI) Lilik Adi Goenawan, S.Ag diterima langsung Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Tangerang Asep beserta jajaran pada Rabu, (26/7/2023) di Lapas Kelas I Tangerang Kanwil Kemenkumham Banten. 

Disela kesibukan giat internal Kalapas Kelas I Tangerang Asep beserta jajaran usai berdiskusi tentang program kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan mendampingi Ketua Presidium FPII dan Pengawas Presidium DPI kontrol ke blok-blok narapidana melihat langsung aktifitas kegiatan kerja UPT Lapas I Tangerang. 

"Pekerjaan yg diberikan kepada narapidana dan anak didik tidak boleh sekedar mengisi waktu, juga tidak boleh diberikan pekerjaan untuk memenuhi kepentingan dinas atau kepentingan negara sewaktu waktu saja. " kata Kalapas Kelas I Tangerang Asep saat dikonfirmasi awak media pada Rabu, (26/7/2023). 

Asep memaparkan pekerjaan yang diberikan harus satu dengan pekerjaan di masyarakat dan yang dapat menunjang usaha peningkatan produksi.

"Sebagaimana salah satu poin dari sepuluh prinsip pemasyarakatan oleh karena itu Lapas Kelas 1 Tangerang dalam mewujudkan program pembinaan kemandirian antara lain dengan memberikan berbagai macam pembinaan keterampilan yang dapat bermanfaat baik selama menjalani pidana maupun bermanfaat ketika kelak kembali ke masyarakat." jelas Kalapas Kelas I Tangerang. 

Pembinaan kemandirian yang diberikan antara lain:

Pembuatan sandal hotel, sandal wudhu,Pembuatan tempe,Pembuatan keripik tempe,Pembuatan roti, Pembuatan minuman dari bunga telang,Barber shop,Handycraft,Melukis

Kerajinan kulit,Pengelasan,Budi daya hidrophonik

Pertanian,Perikanan,Peternakan ayam, bebek,Sablon dan Penjahitan pakaian. 

"Kami mengapresiasi kegiatan kerja (GIATJA) UPT Lapas Kelas I Tangerang Kanwil Kemenkumham Banten yang memberikan bekal program kemandirian warga binaan Pemasyarakatan hingga bisa mengisi waktu luang yang productiv hingga para narapida usai menjalani masa hukuman punya bekal keahlian khusus untuk kelak saat bebas." ujar Kasihhati. 

"Semoga kunjungan kerja kami bersama Pengawas Presidium Dewan Pers Independen kedepannya dapat berkolaborasi menyebarkan berita positif terhadap masyarakat tentang kegiatan dipenjara, masyarakat mendapatkan edukasi yang positif dan menghilangkan stigma negatif." tegas Kasihhati. 

"Kami melihat langsung bagaimana UPT Lapas Kelas I Tangerang memanusiakan manusia dibumi manusia dengan memberdayakan para narapida dengan memberikan bekal kemandirian dengan program-program yang bekerjasama dengan pihak ketiga sehingga warga binaan pemasyarakatan produktif." Imbuh Pengawas Presidium DPI Lilik Adi Goenawan, S.Ag.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua Presidium FPII Dan Pengawas DPI yang telah berkunjungan dan meninjau langsung giat warga binaan pemasyarakatan hingga kedepannya dapat Bersinergi dalam menyebarkan berita positif kegiatan khususnya UPT Lapas I Tangerang Kanwil Kemenkumham Banten."pungkas Asep Kalapas Kelas I Tangerang . (Tim/Red) 


Sumber: Presidium FPII

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.