Upacara HUT TNI ke-78 di Kota Palopo berlangsung khidmat


Palopo_Sulsel.MERAKnusantara.com, -Kamis (5/10/2023). Kegiatan itu juga dimeriahkan aksi polisi cilik Polres Palopo.

Pada upacara HUT TNI tahun ini mengangkat tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju. Upacara tersebut diikuti kurang lebih 300 orang di Lapangan Gaspa, Jln. Balaikota, Kel. Boting Kec. Wara Kota Palopo.

Inspektur upacara adalah Dandim 1403 Palopo, Letkol (Inf) Apriadi Nidjo, Komandan upacara Kapten (Inf) Takdir dan perwira upacara Kapten (Inf) Illang.

Pada upacara itu, Dandim 1403 Palopo membacakan Amanat Panglima TNI, Laksamana TNI H. Yudo Margono.

Panglima TNI menyampaikan TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. 

Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

Panglima TNI juga menyampaikan berdasarkan hasil survey dari berbagai lembaga di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. 

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini," katanya.

Tak hanya itu, Panglima TNI juga mengatakan terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah diraih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan.

"Setelah Pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia," ujarnya.

"Di lingkup Nasional, beragam potensi ancaman juga semakin kompleks. Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah. demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh," sambungnya. (01.SS_M.Nasrum Naba_Jamal)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama