Menpora Apresiasi Pemprov DKI Kirim Atlet Terbanyak di POMNas XVIII


Jakarta- meraknusantara.com,- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengapresiasi DKI Jakarta yang mengirimkan atlet terbanyak di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVIII, Kalimantan Selatan yang berlangsung 12-22 November 2023.

Dito mengatakan, provinsi yang mengirimkan atlet terbanyak menjadi indikator kepedulian yang tinggi dan fokus dari pemerintah daerah dalam melihat potensi olahraga.

"Sepengetahuan saya provinsi dengan atlet terbanyak di POMNas XVIII adalah DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Saya sangat apresiasi," ujarnya, saat acara pembukaan POMNas XVIII, di halaman Kantor Gubenur Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Rabu (15/11) malam.

Dito menginginkan, olahraga bisa menjadi insentif bagi para mahasiswa di kampus-kampus se-Indonesia.

"Mungkin bisa disubstitusi menjadi nilai SKS atau nilai tambah lainnya. Kemenpora bersama LPDP juga berkomitmen memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi," terangnya.

Dito juga mengapresiasi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta jajaran yang mempersiapkan sarana dan prasarana penyelengaraan POMNas XVIII dengan baik.

"POMNas kali ini mempertandingkan 16 cabang olahraga dari sebelumnya 14 cabang olahraga. POMNas XVIII memiliki arti penting untuk mempersiapkan atlet Indonesia di ajang ASEAN University Games yang akan berlangsung tahun depan di Surabaya," ungkapnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Hendra Eka Permana mengaku bersyukur karena berdasarkan update hingga 15 November pukul 19.15 WITA, DKI Jakarta masih memimpin perolehan medali.

"Alhamdulillah, kita sudah berhasil meraih 15 emas, 15 perak, dan lima perunggu. Sementara itu, ada di posisi kedua adalah Provinsi Jawa Tengah dengan sembilan emas, 11 perak, dan tujuh perunggu," bebernya.

Ia meminta, seluruh atlet bisa terus semangat dan jangan cepat berpuas diri karena masih ada beberapa hari lagi pelaksanaan POMNas XVIII.

"Kita harus memaksimalkan sumber daya yang dimiliki dengan jumlah atlet DKI sebanyak 248 orang. Semoga Jakarta bisa kembali meraih gelar Juara Umum," tandasnya.

Untuk diketahui, seremonial pembukaan POMNas XVIII dilakukan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo bersama Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Dalam acara pembukaan ini ditampilkan visual ragam kearifan lokal setempat dan tarian nusantara.

Selain itu, prosesi pembukaan semakin semarak dengan penampilan artis Putri Ariani hingga pesta kembang api.

POMNas XVIII diikuti sebanyak 2.729 atlet dari 36 provinsi dengan mempertandingkan 209 nomor dari 16 cabang olahraga.

(red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama