Header Ads

Pj Gubernur : Implementasikan "Jumat Bersepeda KK" untuk Berantas Korupsi di Sulawesi Tenggara


Jakarta -meraknusantara.com,-  Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, mengatakan akan mengimplementasikan program "Jumat Bersepeda KK” di lingkungan Pemerintahan Daerah, baik Provinsi Kabupaten/Kota se-Sultra, beserta seluruh jajarannya.

“Jumat Bersepeda KK akan dijadikan komitmen bersama dan akan diimplementasikan secara konsisten di Sultra sebagai langkah dan upaya menanamkan nilai - nilai anti korupsi dan upaya pemberantasan korupsi,” ungkapnya saat mengikuti Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) di Gd KPK, Kamis (23/11/2023).

"Jumat Bersepeda KK" sendiri adalah akronim dari Jujur, Mandiri, Tanggung Jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Disiplin, Adil, dan Kerja Keras.

“Jumat Bersepeda KK diharapkan dapat membangun karakter Penyelenggara Negara yang berintegritas dan berani menolak segala bentuk korupsi,” lanjut Andap.

Integritas, menurut Andap, harus dimulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dalam dunia kerja. Ia menginstruksikan ASN di Sultra, modal pertama adalah jujur, langkah selanjutnya dengan mematuhi berbagai peraturan yang ada seperti kode etik dan lain sebagainya.

“Jaga integritas dalam kehidupan sehari-hari dan hindari adanya konflik kepentingan. Para Pimpinan perlu memberikan contoh dan teladan kepada jajarannya,” pintanya.

Dalam level organisasi, lanjut Andap, Pemerintah Provinsi Sultra akan mengambil sejumlah langkah untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari korupsi. Pemprov Sultra harus memiliki kebijakan yang mendukung penerapan anti korupsi seperti sistem rotasi dan mutasi jabatan, perijinan yang kesemuanya tanpa adanya konflik kepentingan.

Selain itu, Pemprov Sultra juga diharapkan mensosialisasikan kembali layanan pengaduan dan whistleblowing system (WBS) yang dapat dengan mudah diakses masyarakat di situs https://www.sultraprov.go.id/. 

“Kami berupaya membentuk komitmen antikorupsi dari level organisasi hingga level individu di Sultra. Mulai dari Pimpinan tertinggi hingga ke level pelaksana,” tutur Andap.

PAKU Integritas yang diselenggarakan KPK kali ini merupakan batch kelima yang diselenggarakan selama dua hari dimulai pada hari Rabu tanggal 22 hingga hari Kamis malam tanggal 23 November 2023 puk 21.30 WIB. Pj Gubernur terlihat hadir didampingi oleh Wakil Ketua 1 DPRD Sultra Herry Asiku beserta para Penjabat Gubernur dan Ketua DPRD dari 12 Provinsi bersama para pasangan. Kegiatan ini mengusung motto “Tancapkan Integritas dalam Tiap Langkah Tugas”. (red)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.