Info Mudik Gratis Pemprov Banten untuk Lebaran Tahun 2024, Berikut Jadwal Keberangkatan, Kuota, Syarat Pendaftaran, Cara Mendaftar dan Kota Tujuan Lengkap


Banten- meraknusantara.com,-  Mudik gratis kembali digalakan oleh Pemerintah Provinsi Banten untuk mudik lebaran tahun 1444 Hijriah atau tahun 2024. Program ini 100% gratis, terbuka untuk seluruh masyarakat Banten. 

Warga sedulur Banten yang ingin mengikuti program mudik gratis ini perlu mendaftar terlebih dahulu. Proses pendaftaran dibuka dari tanggal 10 sampai 22 Maret 2024. Setelah proses pendaftaran selesai, kemudian masuk pada tahap verifikasi calon peserta mudik gratis yang akan berlangsung tanggal 23 sampai 24 Maret 2024. 

Untuk keberangkatan peserta mudik gratis akan dilaksanakan pada tanggal 6 April 2024 namun jadwal tentatif, menyesuaikan hari libur bersama. Jika ingin mendaftar, warga sedulur Banten harus pastikan persyaratannya terpenuhi. 

Syarat pendaftaran program mudik gratis yang bisa warga sedulur Banten ikuti di tahun 2024 cukup mudah, berikut persyaratannya: 
1. Memiliki Kartu Keluarga (KK) dan E-KTP Provinsi Banten (Keberangkatan dari Provinsi Banten keluar Provinsi Banten) 

2. Memiliki E-KTP domisili Provinsi Banten atau kelahiran Banten (Untuk keberangkatan dari luar Provinsi Banten menuju Provinsi Banten)

3. Pendaftar mudik gratis hanya boleh mendaftar satu kali

4. Mengisi formulir data peserta mudik dan mengupload dokumen E-KTP, KK dan swafoto (Foto selfi pendaftar pada aplikasi yang sudah disediakan).

5. Peserta mudik dalam 1 Keluarga maksimal 4 orang

6. Pemudik wajib hadir paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan. 

Proses pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website jawaramudik.bantenprov.go.id, atau warga sedulur Banten juga bisa menghubungi nomor whatshapp 085210808700 dengan mengirimkan pesan untuk mengetahui informasi lebih lanjut perihal mudik gratis. 

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Perhubungan Provinsi Banten membuka mudik gratis untuk keberangkatan dari Provinsi Banten keluar Provinsi Banten dan dari luar Provinsi Banten menuju Provinsi Banten dengan kuota yang disediakan untuk keberangkatan keduanya yaitu sebanyak 1.710 orang kuota. 

Mudik gratis dari Pemprov Banten yang disiapkan yaitu lintas Provinsi dan pulau di wilayah Indonesia, diantaranya untuk Kota tujuan mudik gratis dari Provinsi Banten keluar Provinsi Banten  untuk Pulau Sumatera tujuan Kota Palembang disediakan kuota sebanyak 90 orang. 

Provinsi Jawa Barat dengan tujuan Kota Tasikmalaya sebanyak 90 orang, Kota Cirebon dengan kuota 90 orang, Kabupaten Garut sebanyak 90 orang. 

Provinsi Jawa Tengah diantaranya Kabupaten Banyuwangi tujuan Purwokerto dengan kuota 90 orang. Tujuan Kota Brebes 90 orang kuota, Kota Semarang sebanyak 90 kuota dan Kota Surakata tujuan Solo kuotanya 180 orang. 

Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I Yogyakarta) tujuan Kota Yogyakarta sebanyak 180 orang. Total kuota untuk keberangkatan dari Provinsi Banten keluar Provinsi Banten yaitu 990 kuota. 

Selanjutnya, untuk Kota tujuan mudik gratis dari luar Provinsi Banten ke Provinsi Banten diantaranya Daerah Khusus Ibu kota Jakarta (DKI Jakarta) tujuan Kalideres sebanyak 225 orang dan tujuan Tanjungpriok kuotanya sebanyak 225 orang. Provinsi Jawa Barat tujuan Kota Bandung sebanyak 90 orang, Kota Bogor kuota yang disediakan 90 orang. 

D.I Yogyakarta tujuan Kota Yogyakarta sebanyak 90 orang kuota yang disediakan. Total kuota yang disediakan untuk keberangkatan dari luar Provinsi Banten menuju Provinsi Banten ada 720 orang kuota. 

Untuk titik keberangkatan mudik gratis dari Provinsi Banten keluar Provinsi Banten berlokasi di halaman Masjid Raya Al Bantani KP3B, Palima-Kota Serang. Sedangkan titik kumpul keberangkatan mudik gratis dari luar Provinsi Banten tujuan Provinsi Banten diselenggarakan di masing-masing tempat yang sudah ditentukan. 

Hayuk warga sedulur Banten, daftarkan diri kamu untuk ikuti program mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Banten. Jangan sampai kehabisan kuota yah. Ini saatnya warga sedulur Banten merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. Mudik bareng mudik bahagia. 


Sumber : Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama