Sambut 1 Muharram Pemdes Telagasari Tangerang Gelar Pawai Obor


Tangerang Banten -  MerakNusantara.com - Warga Desa Talaga Sari, Kecamatan Cikupa,  Kabupaten Tangerang, Banten, menggelar pawai obor dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 H, Jumat (29/7/2022) malam.

Pantauan Media MerakNusantata.com , peserta pawai obor berjumlah ratusan orang dari beberapa RT di Desa Talaga sari. Mereka berkumpul terlebih dulu di Masjid Al jaziyyah RT 004/002  Kemudian mereka menyalakan obor dari bambu tanda pawai dimulai.

Peserta pawai obor ini ada yang berjalan kaki, ada juga yang menggunakan kendaraan mobil dan sepeda motor. Rute yang dilalui cukup jauh hingga melintasi jalan raya. Arus lalu lintas di Jalan raya Otonom cikupa pasar kemis , tepatnya di sekitar jalan tersebut tersendat oleh iring-iringan pawai obor.

Masyarakat mengaku sangat antusias mengikuti pawai obor tahun baru Islam ini. Setelah dua tahun pandemi COVID-19, pawai obor ini baru kembali digelar dengan masa yang cukup banyak.

"Alhamdulillah pawai obor bisa kembali digelar. Sekarang masyarakat yang ikut sangat banyak, mungkin dua tahun kemarin tidak digelar karena ada Covid-19," ujar Rohmat, warga Talaga Sari , 

Berbeda dari tahun-tahun biasanya, kali ini Pemerintah Desa Talaga Sari mengadakan tradisi pawai obor. Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Talaga Sari, H. Nano Subarno Singo Wijaya  .

"Pawai obor dilaksanakan. (Malam ini) melaksanakan kegiatan pawai obor dan doa bersama. Mudah-mudahan harapannya kita mampu mengakhiri tahun 1443 H dengan baik, dengan husnul khatimah dan doa ini juga diharapkan kita mengawali 1444 H senantiasa diberikan keberkahan dan kemudahan," kata Kades Talaga Sari  H. Nano Subarno Singo Wijaya sa'at ditemui Media MerakNusantara.com , Jumat (29/7/2022).

Jaro Sutiawan akrab di panggil Jaro icut menambahkan dan  menjelaskan, makna Muharam menurutnya adalah sebuah perubahan. Artinya, kata dia, di dalamnya mengandung harapan agar masyarakat melakukan perubahan, terlebih dari sisi perilaku.

Jadi konsep hablumminallah semakin kuat, hablumminannas juga semakin baik. Harus mulai merubah attitude kita sebagai masyarakat, sebagai aparatur Desa juga harus merubah kebiasaan buruknya dengan perilaku yang lebih baik di tahun baru ini," ucapnya.

"Tentunya ketika perubahan dilakukan bersama antara masyarakat dengan aparatur Desa ini akan menciptakan Desa Talaga Sari yang lebih baik ke depannya," tambah Jaro icut,

(D.A Saputra/AciL) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama