Header Ads

Bupati Amran hi.Yahya Menjamu Korban atas Tenggelamnya Kapal KM.Karya Sejati, Ini Laporannya


Tolitoli --meraknusantara.com,- Jumat, 14 Oktober 2022 sekira pukul 17.00 wita, Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya menerima para korban tenggelamnya kapal KM Karya Sejati yang telah dievakuasi oleh TNI- AL Tolitoli.

Sebelumnya Bupati Amran Hi.Yahya  menerima kontak dari Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli sekira jam 16.30 wita setelah berkoordinasi,  Bupati Tolitoli secara responsif langsung memerintahkan untuk diarahkan ke Rumah Jabatan, dengan   didampingi oleh Sekretaris Dinas Sosial Imran, SE dan Kabag Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tolitoli Zulkifli, S. STP

Setelah bertemu dengan para korban Bupati menjamu makan dan mengatakan akan memfasilitasi kepulangan mereka kepada keluarga masing-masing. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tolitoli juga memerintahkan OPD Tehnis untuk memberikan dukungan sepenuhnya sampai dengan awak KM.Karya Sejati kembali ke keluarganya masing-masing.

Kronologis kejadian pada Hari Senin tgl 10 Oktober 2022 Sekitar Jam 22.00 Wita berlabuh dari pelabuhan rinding Kalimantan utara dengan menggunakan kapal Karya sejati tujuan wani palu untuk membeli sayuran untuk di jual di kalimantan dan sekitar jam 01.00 wita di perairan tanjung mangkalia kalimatan timur tiba-tiba lepas papan bagian Lunkoas kapal dan pada hari selasa tanggal 11 Oktober 2022 Sekitar jam 06.00 wita kapal tenggelam kemudian berusaha menyelamatkan diri dengan menggunakan rakit yang telah disediakan di kapal kemudian hanyut sampai diperairan selat makassar dan pada hari kamis tanggal 13 Oktober sekitar jam 13.00 wita diselamatkan oleh Kapal BW PARIS dan sekitar jam 23.00 wita di evakuasi ke kapal KRI.BADIK di perairan Pulau panjang Derawang Kalimantan utara dan pada hari jumat tanggal 14 Oktober 2022 sekitar jam 09.30 wita Kapal KRI.BADIK telah sandar di dermaga Pelabuhan Dede Tolitoli dan membawa 9 ABK Kapal Karya sejadi dalam keadaan aman dan sehat,  kemudian pada jam 11.20 Wita ke 9 ABK tersebut di evakusi ke pangkalan TNI- AL untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Adapun rangkaian kegiatan Tibanya Kapal KRI Badik yang membawa 9 ABK Kapal Karya Sejati Sbb :

a) Pukul 09.30 Wita, Melaksanakan Merflugh WD KRI Badik - 623 BKO Guspurla II Ops Balat Samudera 22.

b) Pukul 09.40 Wita, Danlanal Tolitoli, melaksanakan Pengecekan kondisi 9 Orang Korban di KRI Badik - 623.

c) Pukul 10.10 Wita, dilaksanakan Press rilis perihal Evakuasi 9 orang ABK oleh Danlanal Tolitoli, Komandan KRI Badik - 623 dan  Kepala KSOP Tolitoli.

d) Pukul 10.54 Wita, dilaksanakan penandatanganan Berita Acara serah terima oleh Komandan KRI Badik - 623 kepada Danlanal Tolitoli.

e) Pukul 11.08 Wita, evakuasi 9 Orang ABK KLM. Karya Sejati selesai, 

f) Pukul 11.30 Wita Dilakukan pemeriksaan Kesehatan Ke 9 Abk Kapal KM.Karya sejadi oleh Petugas Kesehatan Pangkalan TNI-AL Tolitoli 

dari 9 ABK Kapal Karya Sejati tsb dalam keadaan Sehat.

g) Pada Pukul 15.30 Wita Pihak dari TNI-AL menyerahkan ke 9 Abk Kapal Karya sejati kepada Dinas Sosial yang diterima langsung oleh sekertaris Dinas Sosil Bapak Imran, Se dan di dampingi oleh Kabag kedaruratan dan logistik BPBD Kab.Tolitoli Zulkifli, S.S.Tp.##


Sumber : Bagian Prokopim Setdakab. Tolitoli

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.