Header Ads

Bupati Amran Hi.Yahya, Pesankan Sejumlah Hal Ini Kepada Seluruh Kepala Desa se- Kabupaten Tolitoli


TOLITOLI --meraknusantara.com,-Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya didampingi Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan,  bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan,  S. Sos,  Inspektur Inspektorat Kabupaten Tolitoli M. N. M. T. Masyhur,  SH., M. Si, menghadiri Penyerahan  Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Atas Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APB DESA) 

Tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Inspektorat  Daerah Kabupaten Tolitoli, Senin (17/10/2022) di aula Kediaman Bupati Tolitoli. 

Sekretaris Inspektorat dan juga selaku Ketua Panitia Moh. Tsaqif Zainuddin, SE,. MM melaporkan bahwa Inspektorat Daerah sebagai perangkat Daerah memiliki tanggung jawab melakukan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan urusan pemerintah Daerah, tidak bisa tidak harus melakukan adaptasi baik dari sisi pengembangan sumber daya manusia dan pemenuhan teknologi yang menunjang pelaksanaan tugas, disamping itu sebagai konsekuensitas kompleksitas menuntut Inspektorat Daerah untuk segera melakukan ke posisi organisasi untuk menjawab tuntutan perkembangan. 

Sementara tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi kepada setiap Desa yg telah diperiksa oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Tolitoli,  menginformasikan atas hasil pemeriksaan, selanjutnya akan menjadi bahan evaluasi untuk setiap Desa atas hasil pemeriksaan  laporan Desa tersebut,  kekurangan- kekurangan yg disampaikan dalam LHP tersebut diharapkan kepada setiap Desa untuk perbaikan lebih lanjut,  agar tidak terjadi dimasa yang akan datang. 

Sementara itu Bupati Tolitoli dalam sambutannya mengatakan ada tiga hal yang disampaikan dan akan dilakukan oleh Bupati pertama mempelajari situasi, kedua  mengevaluasi, ketiga mengeksekusi. Kesemuanya itu ada keterkaitan antara pemerintah Daerah dan pemerintah Desa, Pemerintah Daerah selalu mencari solusi yang baik dengan kepala dingin dan menyelesaikan persoalan-persoalan karena sangat besar tanggung jawab yang diemban oleh pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli.

Melalui kesempatan itu pula Bupati menyampaikan bahwa gotong royong adalah menjaga persatuan dan kesatuan, Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli menegaskan kepada Inspektorat agar kepala-kepala Desa yang ada di Kabupaten Tolitoli terus dibina, dan perlu diketahui bahwa anggaran ADD dari Daerah yang diberikan kepada Desa, agar anggaran itu menyentuh kepada masyarakat sehingga masyarakat Kabupaten Tolitoli bisa sejahtera. 

Ditekankan pula kepada para Camat harus lebih membina para Kepala Desa yang ada di wilayahnya. Anggaran adalah milik Daerah,  yang menjadi program Visi dan Misi Bupati yang merupakan tanggung jawab kepada masyarakat, pokok pikiran milik Daerah, apabila ada hal-hal yang sifatnya prioritas wajib hukumnya dibangun, dan perlu dipahami bahwa mari membangun kehidupan bernegara dan berbangsa satu tujuan adalah pemerintah, memberi pemahaman kepada masyarakat, satukan pikiran kita untuk bagaimana pemerintah yang berwibawa, dengan membangun persatuan, sehingga masyarakat bisa percaya karena dengan kebaikan dan niat yang baik  masyarakat akan percaya sehingga masyarakat menjadi sejahtera dan Daerah akan maju, tidak boleh memperlihatkan keegoisan, jangan berpecah-pecah, jangan amburadul, memperhatikan kekuatan, ciptakan kehidupan dan pemerintah yang yang baik dan dipastikan dapat berwibawa.

Ditegaskan pula bahwa apa yang menjadi keinginan masyarakat itulah yang menjadi pikiran seorang Kepala Desa atau pemimpin agar terlihat di masyarakat kalau kita tidak punya ego. Bagaimana membangun persatuan dan kesatuan dengan harapan bangun kekuatan yang baik sehingga Kabupaten Tolitoli agar lebih baik dan berkarya, menjadi pemimpin di Kabupaten Tolitoli sebab ilmu itu ada di Desa , ada di masyarakat, dimana potensi itu dan kekuatan serta Keinginan dan kesederhanaan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Kendala dan tantangan menjadi ujian untuk kita dan seorang pemimpin hilangkan penyakit AIDS (Angkuh, Iri, Dengki dan sombong). 

Diakhir acara penyerahan secara simbolis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)  APB Desa Tahun 2021 yang diserahkan oleh Bupati Tolitoli ke 102 Desa, sementara satu Desa  telah diperiksa BKD (Badan Keuangan Daerah) yaitu Desa Ginunggung Kec Galang Kabupaten Tolitoli. 

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra Anhar Dg. Mallawa  SE, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir. Muh. Nur Munawar, Asisten Administrasi Umum Usman, SE., MM., MH,  para Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Unit Kerja terkait, para Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Tolitoli, serta pengurus dan anggota panitia pelaksana.##


Reporter    : ASRIATI

Fotografer : MOH. FADLI

Sumber : Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.