Musrenbang kampung, Masyarakat Kampung Saba Warwe Mengusulkan 4 Program Prioritas


( Diskusi PLT Kampung Sawa dengan Pendaping Distrik)

Saba warwe Meraknusantara.com - Mengingat Empat Program Prioritas yang menjadi Agenda Musyawarah Pembangunan  ( MUSRENBANG ) Rencana Kerja Pemerintah daerah  ( RKPD ) tahun 2024 dikabupaten Biak Numfor.

Keempat program prioritas dimaksud antra lain pengembangan sumber daya ekonomi kerakyatan skala kecil dan menengah melalui penguatan Potensial Sumber Daya alam ( SDA )Peningkatan mutu SDM yang berkwalitas  proposional dan berdaya guna.

“ Agenda Pembangunan dalam yang memperkuat ketahanan ekonomi dan pemerataan yang berbudaya dan berkesinambungan “ Serta menyukseskan “ SAIL TELUK CENDRAWASI “

Kepala Kampung Juga Mengutip 4 Program Prioritas yang di tekankan Oleh Bupati melalui Kepala distrik ORIDEK  Bapak Arolius Mofu, SE. Kepada Seluruh warga kampung yang hadir pada MUSRENBANG Hal ini disampaikan ketika ditemui wartawan Meraknusantara.com setelah pelaksanaan (MUSREMKAM) Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kampung Saba Warwe,  Jumat, 24 Februari 2023 di Aula/ruang serbaguna Distrik Oridek-Biak.  


(Arolius Mofu, SE, Kadistrik Oridek, Biak Numfor )

Pelaksana Tugas (PLT)  Kepala Kampung Saba-Warwe, Jemy Risyald Simbiak, mengatakan Empat Program Preritas kabupaten Biak Numfor akan di jabarkan dengan Potensi daerah atau Wilayah di kampung Masing masing di wilayah Pemerintahan Distrik Oridek khusunya kampung Sabah Warwe. 

Jemy melanjutkan, "Program-program yang kami rancang bersama masyarakat adalah, program-program yang mendesak atau prioritas sesuai kebutuhan masyarakat. Seperti penambahan talut pantai sekitar 15 Meter untuk Menaggulangi Abrasi dan Menahan Ombak pada air Pasang, Pembangunan Homestay Pada Sektor Parawisata dan juga pembangunan jalan sentra ekonomi rakyat untuk memudahkan Masyarakat kampung untuk  lahan Pertanian dan Perkebunan nya,  Peningkatan Sumber daya manusia serta Kesehatan dengan Pembangunan Rumah Baca, Pembangunan Posyandu Balita serta Pengadaan alat tangkap Nelayan  Berupa Perahu fiber dan Motor temple 15 PK untuk Kelompok Nelayan yang ada dalam kampung SAWA ( Saba Warwe ) Seraya Menegaskan Ulang perkataannya tentang Program – program yang sudah di jabarkan tersebut.

Ketika ditanya mengenai sumber dana untuk program-program tersebut, PLT Kampung Saba menyampaikan bahwa, sumber-sumber dana untuk program-program dimaksud, berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Biak Numfor. 

Harapan dari PLT Kampung Saba Warwe Semoga semua Program – Program yang akan di ajukan  Ke Tingkat MUSRENBANG Distrik Semoga akan di Jawab, Bliau Menekankan kerjasama masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada di Kampung untuk bersama-sama Memantau prosesi pelaksanaan program-program yang sudah disepakati bersama serta di usulkan bersama.(Rocky)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama