JELANG MUDIK LEBARAN. Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Buka Posko Daftar Mudik Gratis 2023, Tujuan 28 Daerah Jawa Dan Sumatra.


Kota Tangerang,MERAKnusantara com,  Dirjen Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang. Membuka Posko pendaftaran mudik gratis 2023. Posko ini berfungsi untuk membantu, mengarahkan, dan memvalidasi ulang dalam proses pendaftaran para pemudik. Kamis (16/03/2023).

Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely menjelaskan, mudik gratis Kemenhub bertajuk “Ayo Mudik Naik Bus, Bisa Bawa Serta Sepeda Motor Anda” bagian tindak lanjut dari program yang diluncurkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Ini memfasilitasi masyarakat yang ingin mudik gratis sekaligus membawa kendaraan bermotornya ke kampung halaman masing-masing secara gratis," ujar Achmad Suhaely, Selasa lalu (14/3).

Dikatakan Suhaely, program mudik gratis ini bagian dari program Dirjen Kementerian Perhubungan. Untuk mengakomodasi yang ingin pulang ke kampung halaman menggunakan bus saat Lebaran 2023 mendatang. Kemenhub juga telah menyiapkan bus untuk pemudik, serta truk untuk mengangkut sepeda motor pemudik dalam angka yang cukup besar.

"Pendaftaran mudik gratis bus lebaran 2023 sendiri sejak 13 Maret–14 April 2023, melalui aplikasi Mitra Darat yang bisa diunduh melalui Play Strore atau Apps Strore di gawai masing-masing. Sedangkan untuk kota tujuan, ada 28 kota, yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Pulau Sumatera,” jelasnya.

Puluhan warga mulai mendatangi posko program mudik gratis Kemenhub 2023 di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Selasa, 14 Maret 2023.

Mekanismenya, kata Suhaely, pemudik dipersilakan mendaftarkan diri melalui aplikasi Mitra Darat. Setelah menyelesaikan pendaftaran, pemudik akan mendapatkan barcode yang akan ditukarkan menjadi tiket mudik di posko validasi ulang (Kantor Dishub). Sementara itu, keberangkatannya dilaksanakan dari beberapa terminal, dan untuk Kota Tangerang dari Terminal Poris Plawad pada 19 April 2023.

"Kami ada posko pelayanan secara langsung, jadi masyarakat Kota Tangerang yang berniat menjadi peserta mudik di program ini bisa mengunjunginya untuk mendapatkan akses informasi secara lebih lengkap. Selebihnya, jika nanti ada perubahan akan diinformasikan lebih lanjut,” sebutnya.

Sementara itu, salah satu peserta pemudik tujuan semarang. Santoso, mengaku senang mendapat kesempatan mudik gratis program Kemenhub tersebut. Dia berharap kuota mudik gratis kedepannya lebih banyak lagi, agar bisa bawa keponakan dan adik yang tinggal di Tangerang dan Jakarta, ucapnya.

"Alhamdulillah senang sih, tahun ini dapat kesempatan mudik gratis dari (program) Kemenhub. Kita bisa berangkat 3 orang dengan gratis jadi dana untuk mudik naik kendaraan bisa ringan," pungkasnya.


(Red/KJK

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama