Penanganan Laka Lantas Dengan Restoratif Justice Polantas Polres Palopo Diapresiasi Sebagai Polisi Persuasif dan Pengayom


Palopo_Sulsel.MERAKnusantara.com- Pengawalan pengamanan dan pengaturan lalu lintas dalam rangka acara ulang tahun PT NSS Honda Cabang Palopo pada Sabtu, 30 September 2023 yang pimpin langsung Kasat Lantas Polres Palopo AKP RUSDI YUNUS, SH.,MH di dampingi oleh IPDA POL Najamuddin di Persimpangan Tiga Jalan Poros Lapangan Arena Ratona Road Race.

Terjadi laka lantas pada pukul 17.45 wita antara pengendara dari arah Utara menuju Bua Kab Luwu oleh M. Alvin yang berboncengan dengan yuniornya Mahasiswi UNISMUH Palopo, menabrak pengendara yang berasal dari arena Ratona Road Race yang dikendarai lel. Patul berboncengan dengan lel. Muh. Annur.

Kedua pengendara sama-sama mengalami cedera ringan dan kerusakan ringan pada masing motor yang dikendarainya. Kejadian laka lantas yang terjadi di persimpangan tiga jalan poros Palopo Makassar dan Ruas jalan menuju Arena Sirkuit Ratona, langsung mendapat penanganan hukum dari IPDA Najamuddin sesuai arahan Kasat Lantas Polres Palopo AKP Rusdi Yunus,SH.,MH.

Kedua belah pihak langsung dilakukan interogasi setempat terkait kronologis penyebab terjadinya laka lantas. 

Kendati keduanya dapat diberikan sangsi hukum, namun karena keduanya, masing-masing meminta diselesaikan secara damai, langsung direspon oleh IPDA Najamuddin dengan dibuatkan perjanjian kesepakatan berdamai yang ditandangani para pihak dengan menyatakan tidak ada yang keberatan dan diselesaikan secara kekeluargaan.

Berdasarkan atas permintaan kedua belah pihak, Kasat Lantas Polres Palopo yang didampingi oleh IPDA NAJAMUDDIN menindaklanjutinya secara persuasif dengan mengedepankan proses hukum dengan prinsip  Restorative Justice. 

Pasca penandatanganan surat perdamaian, masing-masing pihak langsung bersalaman dan saling jabat tangan sebagai wujud nyata terjalinnya rasa kekeluargaan. Dan permohonan maaf dilakukan dengan didahului oleh Lel.Patul dan Muh.Annur yang keduanya masih SLTA ( lebih mudah ) kepada Muh.Alvin dan Niken sebagai kakak yang saat ini sebagai Mahasiswa.

Merasa mendapatkan pelayanan dan pengayoman serta pelayanan hukum secara persuasif, kedua belah pihak pun memberi ucapan terima kasih sambil mengulurkan tangannya kepada Kasat Lantas Polres Palopo AKP RUSDI YUNUS,SH.,MH dan IPDA NAJAMUDDIN sembari mengucapkan terima kasih.

(01/SS.M.Nasrum Naba)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama