Header Ads

Presiden Jokowi: “Sail Teluk Cendrawasih Menduniakan Papua ”


Biak Numfor, MerakNusantara.com. Teluk Cendrawasih Papua memiliki Keaneka Ragam  ekosistem Bahari laut yang kompleks serta  paling kaya di Indonesia.

Dengan potensi dan Keunikan Budaya nya Menjadi Pusat Wisatawan Domestik dan Lokal yang dapat mendorong Papua Terkenal  dunia internasional.

Demikian yang dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disela -sela Pembukaan acara Sail Teluk Cendrawasih di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

“Teluk Cenderawasih Sangat Beragam dan Eksotis terumbu karang, surganya biota laut dan Beraneka Ragam Ikan Yang Melayang,dan Ikan Dasar, begitu juga Keunikan Budaya, Tari-tarian Serta Musik,serta Ukir ukiran. Melihat Potensi tersebut maka dengan adanya  Sail Teluk Cendrawasih, Bisa Menduniakan Papua pada Even -Even Bertahap Internasional dan level Global ”, kata Presiden saat membuka acara Sail Teluk Cendrawasih di Biak Numfor Kamis (23/11/2023).

Dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan dengan berbagai kekayaan bahari yang diakui dunia. Menjadi beranda di kawasan Pasifik, Papua dikatakan Kepala Negara adalah ujung tombak wajah Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah dari sektor maritim.

“Saya berharap acara Sail Teluk Cenderawasih dapat memperkenalkan potensi bahari, potensi maritim, potensi pariwisata dan potensi sosial budaya kita”, katanya pada acara puncak STC.

Adanya Sail Teluk Cenderawasih, lagi kata Jokowi, juga akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, event kreator, serta menarik minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua.

“Terakhir saya pesan agar event yang sangat baik ini bisa diteruskan, bisa ditingkatkan kreativitasnya, inovasinya, dan juga keterlibatan masyarakat, keterlibatan UMKM kita, sehingga masyarakat di Papua bisa merasakan manfaatnya setelah event ini berakhir”, ungkap Kepala Negara RI.

Saat membuka acara Sail Teluk Cendrawasih tahun 2023 itu Presiden didampingi oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri dan Bupati Biak Numfor.

Juga didampingi Panglima TNI dan Kapolri. Sementara itu, Menteri Investasi Bahlil Lahadila menambahkan jika kegiatan Sail Teluk Cenderawasih bertujuan, untuk percepatan pembangunan potensi alam dan kelautan Provinsi Papua.

“Ada terdapat tiga fokus utama kegiatan Sail Teluk Cenderawasih, yaitu hilirisasi laut, pengembangan potensi daerah, dan investasi. Utamanya adalah hilirisasi laut. Bukan hanya tambang, laut pun kita bikin hilirisasi”, kata Bahlil.

Sail Teluk Cendrawasih yang berlangsung sejak tanggal 21 November kemarin, akan berakhir pada 27 November 2023 mendatang.

Dalam acara tersebut digelar berbagai kegiatan kemaritiman, ekspor perikanan, pameran UMKM, pentaseni budaya, pasar kuliner, hingga hiburan.

Dikatakan Kepala Negara saat membuka Sail Teluk Cenderawasih itu, bahwa Sail Teluk Cenderawasih memiliki ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia.

Tutup Jokowi, hal ini menjadi potensi yang dapat mendorong Papua makin dikenal dengan kekayaan alamnya, oleh dunia internasional,(Bumor)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.