Usai Dibangun Dan Diserahkan BBWSC3, Fasilitas Toilet Siswa SDN 1 Bungur Mekar Tidak Berfungsi


LEBAK,- Media Merak nusantara. Com- Fasilitas toilet berupa urinoir dan wastafel di SDN 1 Bungur Mekar tidak berfungsi padahal yang baru saja usai dibangun dan diserah terimakan pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciujung, Ciliman dan Cidurian (BBWSC3) pada Pemkab Lebak, ditengarai luput dari perhatian semua pemangku kepentingan. 

Sehingga tidak berfungsinya fasilitas sanitasi siswa SD tersebut, justeru turut mewarnai peresmian dan penyerahan hasil pembangunan fasilitas umum (Fasum), berupa  prasarana gedung SDN 1 Bungur Mekar Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak Provinsi Banten, yang peresmiannya dilakukan oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jaya Baya, pada Kamis (23/2/2023).

Diungkapkan Mulyadi, seorang pesuruh SDN 1 Bungur Mekar Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak, saat disambangi mengakui, jika pasca pembangunan pun fasilitas sanitasi siswa itu sudah tidak berfungsi. 

Selesai dibangun pun, wastafel dan urinoir itu sudah tidak berfungsi karena tidak ada airnya pak, bahkan kondisi air di WC juga,  airnya sangat kecil. Hal ini sudah saya laporkan ke ibu Kepala Sekolah, kata ibu Kepala sih, itu harus dilaporkan dan diperbaiki kembali pihak pelaksana dari BBWSC3," tuturnya, usai peresmian gedung SDN 1 Bungur Mekar.

Menurutnya, bukan hanya fasilitas toilet saja. Atap genting bagian belakang gedung pun tidak ada gentingnya. 

Sehingga dikhawatirkan air masuk ke plafon saat musim penghujan, berujung rusaknya konstruksi bangunan atas. 

Kami khawatir, pihak BBWSC3 justeru tidak bertanggung jawab. Sebab fisik gedung sekolah ini, terhitung saat ini sudah diserah terimakan," keluh Mulyadi.

Terpisah, Maman Suryaman, Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, saat coba dihubungi melalui WhatsApp belum memberikan respon. Meski pertanyaan terkait hal itu. 

Untuk diketahui, persemian Gedung SDN 1 Bungur Mekar Kecamatan Sajira, merupakan rangkaian peresmian secara simbolik, atas hasil pergantian Fasos dan Fasum yang terdampak proyek pembangunan Waduk Karian, berupa prasarana gedung Sekolah Dasar (SD), Polindes, Kantor Desa, Madrasah, Mesjid dan Mushola. *(Uz/Ap)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama